Selasa, 08 November 2011

Kecerdasan Buatan.


Kecerdasan Buatan dapat di defenisikan sebagai suatu mesin atau alat pintar (biasanya sebuah computer) yang dapat melakukan suatu tugas yang bilamana tugas tersebut dilakukan oleh manusia akan di butuhkan suatu kepintaran untuk melakukannya. Tetapi definisi ini kurang begitu membantu, karena beberapa ahli berpendapat kepintaran seperti apakah yang dapat di kategorikan sebagai AI/ sering di sebut Kecerdasan Buatan.
Contoh-contoh dari Kecerdasan Buatan :
  • Kalkulator, mengapa kalkulator, karena kalkulator mempunyai kepintaran untuk melakukan perhitungan. Tetapi ahli-ahli AI atau Kecerdasan buatan kurang setuju bila kalkulator dianggap sebagai AI karena operasi yang dilakukan terlalu mudah, kurang kreatif dan tidak melibatkan adanya suatu pengambilan keputusan.
  • Permainan atau Game, misalnya permainan tic-tac-toe atau permainan catur. Akan tetapi bagaimanapun juga, permainan atau game ini sudah dapat dikatakan sebagai AI yang tingkatannya masih rendah. Dan yang tingkatannya tinggi yaitu seperti permainan strategi perang dll.
  • Pernahkan anda mendengar suatu cerita atau menyaksikan film-film fiksi yang menunjukkan suatu computer dengan kepintaran yang melebihi manusia, dapat bercakap-cakap dengan manusia dan memberikan keputusan serta pendapat yang cerdik?? Hal seperti inilah yang masih diimpikan oleh para ahli-ahli AI untuk mewujudkannya. Fiksi ini bagaimanapun juga memberikan suatu sumbanganuntuk mewujudkan AI tingkat tinggi.
Jadi kecerdasan Buatan atau yang dalam bahasa inggrinya AI (Artificial Intelligence) adalah kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (computer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain system pakar, permainan, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.
dan terima kasih jika anda telah berkomentar.