Selasa, 08 Mei 2012

Tips Beternak Burung Kenari bagi Pemula

Tips Beternak Burung Kenari Bagi Pemula
 Burung kenari adalah burung yang sangat menarik dan saya kira banyak penggemarnya, selain bisa memiliki kombinasi suara yang unik juga memiliki variasi warna yang unik pula oleh karena itu burung kenari banyak yang menernakkan sendiri dan berlomba-lomba membentuk tipe baru.
Hal-hal yang harus di perhatikan untuk menernak burung kenari yaitu:
1.    Usia kenari.
Yang menjadi faktor penentu keberhasilan dalam beternak kenari yaitu usia burung tersebut, usia yang baik dalam proses beternak yaitu jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua. Kenari yang siap ternak biasanya yang berumur minimal antara 6 bulan sampai 8 bulanan.
2.    Jenis Kelamin
Yang tidak kalah penting lagi yaitu jenis kelamin, mungkin jika anda seorang yang sudah senior dalam dunia perburungan akan sangat mudah dalam membedakan kenari jantan dan kenari betina, berbeda lagi untuk para pemula itu mungkin akan sangat sulit untuk membedakannya, tips yang sederhana untuk membedakannya adalah lihat saja pada pantat kenari jika ada tonjolan itu berarti kenari jantan sedangkan jika tidak ada biasanya itu kenari betina.
3.    Proses Penjodohan
Jika anda sudah mempunyai sepasang burung kenari yang sudah siap untuk di ternakkan selanjutnya adalah proses penjodohan,ingat proses penjodohan itu jangan langsung di tempatkan pada satu kandang antara si jantan dan si betina tetapi di pisahkan berbeda kandang dahulu kemudian di saling dekatkan antara jantan dan si betina, mungkin akan memerlukan beberapa hari supaya si kenari tersebut sudah siap kawin. Nah bagaimana ciri-ciri jika kedua kenari itu siap kawin, berikut adalah ciri-cirinya :
a.    Kenari jantan dan kenari betina saling meloloh makanan.
b.    Jika di dalam sangkar betina di kasih sarang beserta isinya, kenari betina akan merapihkan isi sarang.
c.    Pada saat di dekatkan dengan si betina kenari jantan mengejar-mengejar kenari betina dan akan bernyanyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.
dan terima kasih jika anda telah berkomentar.